*Tugas 1*


.

EkoHariyanto 2012.0335.023 D3 Teknik Informatika

1. Pengertian Interpreter dan Compiler

Interpreter adalah perangkat lunak yang mampu mengeksekusi code program (yang ditulis oleh programmer) lalu menterjemahkannya ke dalam bahasa mesin, sehingga mesin melakukan instruksi yang diminta oleh programmer tersebut. Perintah-perintah yang dibuat oleh programmer tersebut dieksekusi baris demi baris, sambil mengikuti logika yang terdapat di dalam kode tersebut. Proses ini sangat berbeda dengan compiler, dimana pada compiler, hasilnya sudah langsung berupa satu kesatuan perintah dalam bentuk bahasa mesin, dimana proses penterjemahan dilaksanakan sebelum program tersebut dieksekusi.

Compiler adalah sebuah program komputer yang berguna untuk menerjemahkan program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu menjadi program yang ditulis dalam bahasa pemrograman lain.Terlepas dari pengertiannya yang demikian relatif luas, istilah kompilator biasa digunakan untuk program komputer yang menerjemahkan program yang ditulis dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi (semacam bahasa Pascal, C++, BASIC, FORTRAN, Visual Basic, Visual C#, Java, xBase, atau COBOL) menjadi bahasa mesin, biasanya dengan bahasa Assembly (assembler) sebagai perantara.

Compiler dan interpreter keduanya apa yang kita sebut penerjemah. Tujuan mereka adalah untuk menerjemahkan kode pemrograman bahasa sumber seperti (C + +, VB, Java, perakitan dan sebagainya) ke dalam bahasa tingkat rendah (bahasa mesin) yang dimengerti oleh komputer.


2. Tipe Data Dasar Pemrograman C++

Bahasa C menyediakan programmer dengan satu set tipe data untuk programmer menyimpan informasi dan membangun tipe data yang bukan merupakan bagian dari bahasa itu sendiri. Tipe data yang pertama kali disebut tipe built-in, dan selanjutnya disebut dengan tipe user-defined atau tipe data yang telah di terapkan.
 
# Tiga dasar built-in tipe ini adalah :

  • Character (char) seperti a,b,c,d (alphabet)
  • Integer (int) seperti 1,2,3,4 (bilangan bulat)
  • Floating Point Numer (float) seperti 20,12 (Bilangan real)


1. Identifier (pengenal)
            Identifier adalah suatu nama yang biasa dipakai dalam pemrograman untuk menyatakan variabel, konstanta, tipe data, dan fungsi. Aturan untuk penulisan identifier sama dengan aturan pascal, antara lain :

  • Tidak boleh dimulai dengan karakter non huruf, contoh : (2x, 55) <----- SALAH, (X2, XX, Var1) <----- BENAR.
  • Tidak boleh ada spasi.
  • Tidak boleh menggunakan karakter-karakter ~ ! @ # $ % ^ * ( ) - = + ` { } [ ] : " ; ' < > ? , . / |
  • Tidak boleh menggunakan reserved words yang ada dalam C++



2. Tipe Data

Berikut ini tipe data yang ada dalam C

  • Tipe data bilangan bulat :

adalah tipe data yang tidak mempunyai  titik decimal dan tidak diperbolehkan menggunakan karakter koma antara dua bilangan. 

Tipe
Keterangan
Char
Menyatakan sebuah karakter seperti A, f, 9
Int
Menyatakan Bilangan bulat
Long
Menyatakan bilangan bulat namun jumlahnya nilainya lebih banyak dari pada biasanya, contohnya pada long int yaitu 2147483648 - 2147483647
Short
Menyatakan Bilangan Bulat namun dengan nilai yang normal, contohnya pada short int yaitu antara -32768 - 32767



  • Tipe Data Bilangan Real :

Tipe data bilangan real adalah bilangan yang mengandung titik decimal sehingga tipe data ini digunakan untuk menyatakan suatu bilangan pecahan/decimal.

Tipe
Keterangan
Double
Menyatakan bilangan real dengan ketelitian tinggi (15 digit)
Float
Menyatakan bilangan real dengan ketelitian rendah (7 digit)

  • Tipe Data Unsigned

Tipe data unsigned mirip dengan yang bukan unsigned. Bedanya adalah tipe data unsigned tidak mengenal nilai bilangan negatif (nilainya selalu pisitif).

Macam-macam tipe data unsigned :

  1. Unsigned Char
  2. Unsigned Int (Integer)
  3. Unsigned Short (Short Integer)
  4. Unsigned Long (Long Integer)  

3. Macam-macam Bahasa Pemrograman

Bahasa Basic adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi. Bahasa BASIC bisa juga diartikan menjadi bahasa untuk pemula, atau dengan kata lain, disebut sebagai bahasa dasar, tapi hal tersebut dirasa kurang tepat, mengingat BASIC dapat juga digunakan oleh para pemrogram ahli. PHP adalah bahasa pemrograman berorietasi objek yang paling banyak dipakai saat ini. PHP banyakdipakai untuk memrogram situs web dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian pembuatan objek. Contoh terkenal dari aplikasi PHP adalah phpBB dan Media wiki (software di belakang wikipedia). Contoh aplikasi lain yang lebih kompleks berupa CMS yang dibangun menggunakan PHP adalah Mamboo, Joomla, Postnuke, Xaraya, dan lain-lain.

Java adalah bahasa pemrograman yang berorietasi objek dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Dikembangkan oleh sun microsystems dan diterbitkan tahun 1995. Java tidak boleh disalahpahami sebagai Javascript. JavaScript adalah bahasa scripting yang digunakan oleh web browser.

Bahasa Pemrograman WML WML adalah kepanjangan dari Wireless Markup Language, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis XML (eXtensible Markup Langauge). WML ini adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi wireless. WML merupakan analogi dari HTML yang berjalan pada protocol nirkabel.

Bahasa Pemrograman XML Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data. XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja.

Pascal adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang pertama kali di buat oleh Profesor Niklaus wirth, seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971. Dengan mengambil nama dari matematikawan perancis, Blaise pascal, yang pertama kali menciptakan mesin penghitung, Profesor Niklaus Wirth membuat bahasa Pascal ini sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep pemrograman komputer kepada mahasiswa.

 4. Pengertian IDE (Integrated Development Environment)

IDE (Integrated Development Environment) adalah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak. Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak.

Sebuah IDE, atau secara bebas dapat diterjemahkan sebagai Lingkungan Pengembangan Terpadu, setidaknya memiliki fasilitas:

  • Editor, yaitu fasilitas untuk menuliskan kode sumber dari perangkat lunak.
  • Compiler, yaitu fasilitas untuk mengecek sintaks dari kode sumber kemudian mengubah dalam bentuk binari yang sesuai dengan bahasa mesin.
  • Linker, yaitu fasilitas untuk menyatukan data binari yang beberapa kode sumber yang dihasilkan compiler sehingga data-data binari tersebut menjadi satu kesatuan dan menjadi suatu program komputer yang siap dieksekusi.
  • Debuger, yaitu fasilitas untuk mengetes jalannya program, untuk mencari bug/kesalahan yang terdapat dalam program.


Sampai tahap tertentu IDE modern dapat membantu memberikan saran yang mempercepat penulisan. Pada saat penulisan kode, IDE juga dapat menunjukan bagian-bagian yang jelas mengandung kesalahan atau keraguan.

# Sejarah

Sebagai bahan pembanding, bahasa pemrograman terdahulu disiapkan dengan cara yang berbeda, karena disiapkan melalui penyusunan flowchart, menggunakan formulir isian bahkan kartu berlubang.

IDE pada tahap awal memungkinkan perintah kode dituliskan dalam satu atau lebih file teks, lalu dikompilasi melalui perintah baris. Penyusunan tata letak relatif sulit karena hanya berupa perkiraan. Jika terdapat kesalahan pada kode, proses kompilasi harus dihentikan.

# Daftar IDE

Berikut ini adalah daftar IDE yang biasa dipakai dalam industri teknologi informasi:

  •     Basic: MS Visual Basic
  •     C: MS Visual C++
  •     Delphi: Borland Delphi
  •     Java: IntelliJ IDEA, Eclipse, NetBeans
  •     Pascal: Turbo Pascal, Lazarus


Your Reply